Langsung ke konten utama

MENGANALISIS INDEKS HARGA SAHAM, PERHITUNGAN HARGA SAHAM, METODE PERHITUNGAN INDEKS, LQ 45 INDEKS, INDEKS REVIEW AND STOCK REPLACEMENT, ADVISORY COMMISION, PERHITUNGAN ANGKA INDEKS HARGA SAHAM

 


Indeks Harga Saham

Indeks harga adalah suatu ukuran yang menunjukan tentang perubahan-perubahan harga samaham dari waktu kewaktu. Sedangkan saham itu merupakan produk dari pasar modal dalam kepemilikan perseroan terbatas (PT) atau yang disebut emiten. Indeks itu sendiri merupakan sebuah pedoman bagi para investor untuk melakukan investasi khususnya saham di pasar modal. Jadi indeks harga saham itu adalah suatu peta grafik yang mana menggambarkan tetang perjalan/perubahan-perubahan kondisi sebuah pasar modal dari waktu-waktu.

Indeks harga saham ini berfungunsi sebagai indikator trend pasar. Dimana indeks harga saham ini menggambarkan keadaan sebuah pasar dari waktu-kewaktu. Apakah pasar itu mengalami peningkatan atau pun mengalami penurunan. Dan merupakan subuah alat bagi para investor untuk mempertimbangkan dalam melakukan investasi.

Dengan adanya indeks, kita dapat mengetahui trend pergerakan harga saham saat ini, apakah sedang naik, stabil atau turun. Pergerakan indeks menjadi indikator penting bagi para investor untuk menentukan apakah mereka akan menjual, menahan atau membeli suatu atau beberapa saham. Karena harga-harga saham bergerak dalam hitungan detik dan menit, maka nilai indeks pun bergerak turun naik dalam hitungan waktu yang cepat pula. Demikian juga dengan indeks harga saham, indeks di sini akan membandingkan perubahan harga saham dari waktu ke waktu.

Fungsi Indeks di Pasar Modal, antara lain :

  • Sebagai indikator trend pasar,
  • Sebagai idikator tingkat keuntungan,
  • Sebagai tolak ukuran (brandmark) kinerja suatu portofolio,
  • Memfasilitasi pembentukan portofolio dengan strategi pasif,
  • Memfasilitasi perkembangan produk derivatif.

Rumus menghitung harga saham yakni sebagai berikut:

  1. PBV (Price to Book Value Ratio)= Harga per Lembar Saham / Nilai Buku per lembar Saham.
  2. PER (Price to Earnings Ratio) = Harga Saham / Laba per Saham.
  3. PEG Ratio (Price Earning Growth Ratio) adalah Rasio Harga terhadap Pendapatan dan EPS (Earning per Share) adalah laba per lembar saham.
  4. Dividen Yield = (Dividen per lembar Saham Tahunan / Nilai Pasar per lembar Saham) x 100. 
Metode Perhitungan Indeks
1. Metode Agregatif

IA=indeks harga tidak tertimbang
Pn= harga yang dihitung angka indeksnya
P0= harga pada tahun dasar

2. Metode Tertimbang yang terdiri dari metode Laspeyres, metode Paasche, metode Drobisch dan Bowley, serta metode Irving Fisher

Rumus metode Laspeyres

IL = angka indeks Laspeyres
Pn = harga pada tahun yang dihitung angka indeksnya
P0 = harga pada tahun dasar
Q0 = kuantitas pada tahun dasar

Rumus metode Paasche

IP = angka indeks Paasche
Pn = harga pada tahun yang dihitung angka indeksnya
P0 = harga pada tahun dasar
Qn = kuantitas pada tahun yang dihitung angka indeksnya

Rumus metode Drobisch dan Bowley metode Irving Fisher

ID = indeks harga Drobisch
IL = indeks harga Laspeyres
IP = indeks harga Paasche

Rumus metode Irving Fisher

IF = indeks harga Irving Fischer
IL = indeks harga Laspeyres
IP = indeks harga Paasche

Indeks LQ45

Indeks LQ45 yang terbentuk pada tanggal 24 Februari 1997 dengan hari acuan penghitungan pada 13 Juli 1994. Indeks LQ45 merupakan kumpulan 45 saham yang tercatat di BEI dengan tingkat liquidity dan capital market yang besar serta sesuai dengan beberapa kriteria pemilihan (Tandelilin, 2010). 

Kriteria dalam pemilihan indeks LQ45 yaitu.

  • Tergabung dalam urutan 60 besar dari total transaksi saham di pasar sekunder.
  • Diurutkan berdasarkan ukuran market capitalization.
  • Tercatat dalam BEI minimal 3 bulan terakhir.
  • Memiliki keuangan yang stabil dan kemampuan berkembang di masa datang, frekuensi serta total hari dari kegiatan transaksi di pasar sekunder.

IDVISORY COMMISION

Index Advisory adalah pelopor dalam mengembangkan alat tes psikometri untuk digunakan secara efektif di berbagai bidang non-tradisional. Ini adalah salah satu perusahaan India pertama yang mengembangkan tes psikometri dalam bisnis peminjaman untuk memprediksi kelayakan kredit peminjam. Tes ini banyak digunakan saat ini oleh bank dan NBFC untuk membantu keputusan kredit mereka. Melalui penelitian berkelanjutan, Index Advisory bekerja untuk membuat alat mereka lebih kuat. 

Perhitungan Angka Indeks Harga Saham

Indeks harga saham merupakan angka yang tersusun dengan hitungan tertentu sehingga menghasilkan trend. Sedangkan angka indeks itu sendiri dibuat untuk membandingkan perubahan harga saham dari masa ke masa.

Indeks harga saham menggunakan rumus umum:

IHS = (Ht / H0) X 100%

IHS:  Indeks Harga Saham

Ht  :  Harga pada waktu yang berlaku

H0 :  Harga pada waktu dasar

REFERENSI

Jurnal
Firdaus, Nurjannah Ajeng. 2020. Pembentukan Portofolio Saham Optimal Menggunakan Model Indeks Tunggal dan Model Markowitz Studi Kasus Indeks LQ45. Skripsi. Program Studi Manajemen Universitas Pertamina. Jakarta.

Internet
Firdaus, Abdul Hafidz. 2018. Makalah Indeks Harga Saham.
Kelas, Pintar. 2020. Tujuan dan Metode Perhitungan Indeks Harga.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

POSTER PASAR MODAL

 

INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN, DJIA, STANDARD AND POOR'S INDEX, INDIKATOR PASAR OBLIGASI, VALUE LINE INDEX, INDEKS BEBOBOT SAMA

  1. IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG, dalam bahasa Iggris disebut juga Jakarta Composite Index atau  JSX Composite merupakan salah satu jenis indeks yang yang ada di  Bursa Efek Indonesia. IHSG merupakan untuk mengukur nilai kinerja seluruh saham yang yang tercatat di suatu bursa efek dengan menggunkan semua saham yang tercatat di bursa efek sebagai komponen penghitung indeks. IHSG digunakan untuk mengetahui perkembangan dan situa umum pasar modal, bukan situasi perusahaan tetentu. Indeks ini mencakup pergerakan harga seluruh saham biasa dan saham preferen yang tercatat di BEI. Manfaat IHSG: Penanda Tren Pasar .  Boleh dibilang, IHSG merupakan nilai rata-rata dari sekelompok saham. Karena menggunakan harga hampir semua saham di Bursa Efek Jakarta (BEJ) dalam perhitungannya, IHSG menjadi indikator kinerja bursa saham paling utama. Singkat kata, kalau ingin tahu perkembangan bursa saham ter-update, kamu tinggal melihat pergerakan angka IHSG.Jika I

AKAD MUDHARABAH

AKAD MUDHARABAH PENGERTIAN AKAD MUDHARABAH Mudharabah berasal dari kata  adh-dharbu fil ardhi , yaitu berjalan di muka bumi. Dan berjalan di muka bumi ini pada umumnya dilakukan dalam rangka menjalankan suatu usaha, atau berdagang. Disebut juga  qiradh  yang berasal dari kata  al-qardhu  yang berarti potongan, karena pemilik memotong sebagiAn hartanya untuk diperdagangkan dan memperolEh sebagian keuntungan. Kadang-kadang juga dinamakan dengan muqaradhah yang berarti sama-sama memiliki hak untuk mendapatkan laba karena si pemilik modal memberikan modalnya sementara pengusaha meniagakannya dan keduanya sama-sama berbagi keuntungan. Sedangkan secara istilah, mudharabah adalah akad penyerahan modal oleh pemilik modal kepada pengelola untuk diperdagangkan dan keuntungan dimiliki bersama antara keduanya sesuai dengan persyaratan yang mereka buat. Kemudian berdasarkan PSAK 105 mudharabah adalah akad kerjasama usaha antara dua pihak di mana pihak pertama (pemilik dana) menyediakan s